Tips Cara Mencegah Terinstall Aplikasi Berbahaya di Smartphone Android

infodigitech.id - Saat ini banyak smartphone berbagai merek berbasiskan Android. Android  Google memang tidak sebaik iOS Apple soal keamanan, akan tetapi pada kesempatan kali ini infodigitech akan memberikan beberapa Tips  Cara Mencegah Terinstall atau Terpasang Aplikasi Berbahaya di Smartphone Android milikmu.


1. Jangan Install Aplikasi Dari Sumber Yang Tak Dikenal / Unknow Resource

Cara pertama yaitu pastikan kamu jangan menginstall aplikasi dari sumber yang tak diketahui atau dari luar Play Store. Mengapa?


Aplikasi di Playstore sudah dipastikan bahwa aplikasi tersebut sudah lulus berbagai tes dari Google. Apabila kamu menginstall aplikasi diluar dari Play Store bisa dibayangkan kamu menginstall aplikasi tidak ada tes dari Google, izin dari penggunaan hardware dan bisa jadi aplikasi tersebut sudah disisipi oleh Malware dan lain-lain.  Tentu hal tersebut jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan menginstall aplikasi dari Play Store.

2. Manfaatkan Layanan Google Play Protect

Google Play Protect merupakan sebuah layanan (fitur) keamanan baru untuk perangkat Android yang kita gunakan. Dengan fitur ini Android kamu akan terlindungi dari aplikasi yang memiliki potensi bahaya (malware). Nantinya Google Play Protect akan memberikan peringatan untuk kamu jika menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya kemudian menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari perangkat yang kamu gunakan.

Untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah, kamu harus buka Play Store kemudian piih Play Protect, selanjutnya aktifkan atau non-aktifkan fitur tersebut (Play Protect) pada smartphone Android milik kamu lalu piih opsi “Scan device for security threats / Pindai Ancaman Keamanan di Perangkat”. 



3. Gunakan Sideload Apps Jika di Butuhkan Saja

Tidak semua aplikasi tersedia di Play Store salah satu contohnya mudahnya adalah aplikasi buatan Google yaitu Google Camera. Aplikasi buatan Google ini memang sengaja tak hadir di Play Store. Untuk itu mau tak mau user harus mungunduh game tersebut dari website penyedia aplikasi ini.

Jika kamu ingin menggunakan sideload apps, pastikan jika kamu install aplikasi android di Smartphone kamu yang hanya dibutuhkan saja dan kamu juga harus mengetahui dari mana sumber aplikasinya.

Nah itulah Tips Cara Mencegah Terinstall Aplikasi Berbahaya di Smartphone Android, semoga berguna bagi kamu yang membaca artikel ini. Jangan Lupa Share dan Komentar ya.

0 Response to "Tips Cara Mencegah Terinstall Aplikasi Berbahaya di Smartphone Android"

Post a Comment

Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel